= = Perhatian : video / film di sini mempunyai link
ke berbagai video / film Dewasa juga ,
mohon selective kepada hal yang baik saja = =
..<< = lagu anak = >>..

Saturday, June 5, 2010

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

Sampai saat ini hanya otak tengah anak (usia 5 – 12 thn) saja yang dapat diaktivasi dengan tingkat kesuksesan yang tinggi. Ada apa dengan anak usia di bawah 5 tahun dan di atas 12 tahun? Bagaimana dengan aktivasi otak tengah untuk dewasa?

Usia dibawah 5 tahun.
Anak di bawah usia 5 tahun masih agak sulit untuk memberikan feed back yang akurat. Mereka juga masih agak sulit melaksanakan instruksi yang kompleks. Anak-anak ini masih membutuhkan perhatian ekstra. Itu sebabnya ada istilah balita (bawah lima tahun). Untuk anak di bawah usia 5 tahun dipersilahkan menunggu dulu sampai mereka ‘cukup umur’. Aktivasi otak tengah akan ada terus di Indonesia. Jadi jangan kuatir tidak mendapat kesempatan.




Usia antara 12-15 tahun.
Pada rentang usia ini anak sudah agak sulit di arahkan. Mereka membutuhkan motivasi tertentu untuk melakukan sesuatu. Jika mereka sudah mempunyai suatu pendiria, sulit untuk di ‘bujuk. Usia di bawah 12 tahun masih lebih mudah diarahkan dengan mempergunakan hadiah, atau acara yang menarik. Untuk anak usia 12-15 tahun ini dibutuhkan faktor motivasi. Jika anak sudah mempunyai motivasi yang tinggi untuk mengaktifkan otak tengahnya, maka akan menjadi lebih mudah. Kesulitan kedua adalah rentang usia ini mulai terjadi peralihan ke dewasa. Mereka malu untuk bertindak seperti anak-anak, tetapi masih belum bisa bertindak seperti dewasa. Ada banyak kemungkinan mereka tidak mau ikut ‘goyang’ pada saat lagu anak-anak dibunyikan. Hanya anak-anak yang mau menerima dengan sungguh-sungguh saja yang dapat diaktifkan otak tengahnya.

Usia di atas 15 tahun.
Sekerang ini penelitian untuk dewasa sudah mencapai tahap akhir, dalam waktu dekat akan di umumkan aktivasi untuk dewasa. Tetapi karena kesibukan menangani anak-anak, maka prioritas saat ini masih untuk anak-anak terlebih dahulu. Kemungkinan besar program untuk dewasa akan dimulai tahun 2012 (Tenang kiamat masih belum terjadi kok di tahun itu).

Masa Transisi setelah Aktivasi Otak Tengah
Aktivasi otak tengah akan menyebabkan terjadinya perubahan cara kerja otak. Dengan otak tengah yang relatif lebih aktif dari pada sebelumya, terjadi juga pergeseran keseimbangan hormon. Perubahan ini seringkali belum bisa di atasi oleh anak. Anak-anak ini terlihat lebih sensitif dan mudah ngambek. Janganlah kuatir tentang hal ini. Mereka sedang ada dalam tahap transisi menjelang berubahnya pola kerja otak. Tetaplah sabar dan jangan menyinggung perasaan mereka. Maklumilah mereka karena ini bukanlah karakter yang akan berlangsung selamanya. Mereka akan menjadi lebih stabil dalam 1 – 2 minggu. Ada juga beberapa anak yang mengalami hal ini sampai 1 bulan.

Hal lain yang sering juga dialami adalah meningkatnya suhu tubuh. Peningkatan ini menunjukan perubahan fisik otak yang menyebabkan metabolisma tubuh meningkat. Tidak perlu kuatir tentang peningkatan suhu tubuh ini. Terangkan kepada anak bahwa mereka perlu meminum banyak air tawar. Buatlah agar anak senang minum. Anak perlu minum sekitar 2 liter perhari. Kita bisa sediakan 4 botol air seukuran 500 ml. Jika mereka dapat menghabiskan seluruh air itu, maka berilah hadiah kecil (seperti pinsil atau penghapus). 4 botol ini dapat disebar disekeliling dia, seperti di tas sekolah, pinggir tempat tidur, meja belajar, di mobil dll. Setiap kali anak melihat botol tersebut, maka anjurkan mereka untuk menghabiskannya. Tentu saja orang tua juta perlu memberikan contoh. Untuk dewasa sebaiknya kita minum 3 liter / hari

Hartono
Source : otaktengah.com

Cara aktivasi otak tengah untuk anak
Aktivasi Otak Tengah
Melatih Otak Tengah Anak
Cara mengaktifkan otak tengah (Mid Brain)
Mengembangkan Otak Anak
Perkembangan Otak Anak
Cara Mengembangkan Otak Anak
Mengenai Otak Bayi
Bagaimana Cara Mengajar Bayi
Otak Anak Berkembang Di Usia Emas
Bermain Rangsang Otak Anak
Meningkatkan Kecerdasan Otak

1 comments:

glukoma said...

makasih atas ilmu-ilmunya

Steam Coal | Industri Dan Niaga